Archive for March, 2008

kokoni iru yo ( soulja feat. aoyama)

Romaji

Baby boy, watashi wa koko ni iru yo, doko mo ikazu ni matteru yo
You know dat I love you dakara koso, shinpai shinakute iin da yo
Donna ni tooku ni itemo kawaranai yo, kono kokoro
Iitai koto wakaru desho?
Anata no koto matteru yo (matteru yo)

Bukiyou na ore, tooku ni iru kimi
Tsutaetai kimochi sono mama iezu ni, kimi wa icchimatta
Ima ja nokosareta kimi wa arubamu no naka
Denpa de shika aenai hibi, dakedo mienai ze kimi no hohoemi
Kimi no nukumori kami no kaori, kono nodo no kawaki wa sono mama mitasarezu ni
Sugiteku hibi no naka nanda ka kimi no omokage hitasura sagashita
Kimi to yoku aruita ano michi wa, ima ore dake no ashioto ga hibiite ita
Nna koto yori omae no hou wa genki ka? Chanto meshi kutteru ka?
Chikushou, yappa ienee ya
Mata kondo okuru yo, ore kara no letter

Baby boy, watashi wa koko ni iru yo, doko mo ikazu ni matteru yo
You know dat I love you dakara koso, shinpai shinakute iin da yo
Donna ni tooku ni itemo kawaranai yo, kono kokoro
Iitai koto wakaru desho?
Anata no koto matteru yo (matteru yo)

Kamakura no sunahama de mita kimi no sugata, nami ni nomareta kimi ni iitai kotoba
Nandaka maji setsunee otoko na no ni nande…kotoba dete konee ya
Oboetemasu ka? Kimi to itta karaoke no naka
Ore ga ireta kyoku no kotoba monitaa ukanda mama
Honto wa kimi ni tsutaetakatta
Kimi to futarikiri de hajimete machiawase wo shita ano hi
Marude guuzen ni atta ka no you ni hashagi
Hohoemu kimi ga wasurerarenai tte
Hanashi kanari sore chimatta ga wakaru yo na? Ore ga iitai kotoba
Shit nokori kaku basho ga nee ya
Gomen, tsugi wa zettai ni okuru kara

Baby boy, watashi wa koko ni iru yo, doko mo ikazu ni matteru yo
You know dat I love you dakara koso, shinpai shinakute iin da yo
Donna ni tooku ni itemo kawaranai yo, kono kokoro
Iitai koto wakaru desho?
Anata no koto matteru yo (matteru yo)

Ore ga motto kanemochi dattara, motto matomo na shigoto wo shitetara
Moshimo subete gisei ni dekita no nara, ore wa zettai ni kimi wo…
Da ga please kanchigai dake wa sunna, kimi ni sabishii omoi wa sasetakunee ga
Isogashii naka anma hanasenee ga
Baby believe kore wa all for our future
But shoujiki, ima sugu kimi to aitai, ima sugu dakishimete yaritai
Mukashi, kimi ga ore no tonari de suwatteta seki ni wa, mou daremo inai tte…
Maa, sonna koto wa iin da, iitai koto wa sonnan ja neen da
Imasara da ga, zutto iitakatta kotoba wo kome okuru unsent letter

Baby girl, watashi was koko ni iru yo, doko mo ikazu ni matteru yo
You know dat I love you dakara koso, shinpai shinakute iin da yo
Donna ni tooku ni itemo kawaranai yo, kono kokoro
Iitai koto wakaru desho?
Anata no koto matteru yo

Baby boy, watashi wa koko ni iru yo, doko mo ikazu ni matteru yo
You know I love you dakara koso, shinpai shinakute iin da yo
Donna ni tooku ni itemo kawaranai yo, kono kokoro
Ima nara sunao ni ieru yo
I don’t eva wanna let you go

English

Baby boy, I’m here, I won’t go anywhere, I’ll be waiting for you
You know dat I love you, and that’s why you don’t need to worry
No matter how far apart we are, my love won’t change
You know what I mean, right?
I’m waiting for you (waiting for you)

Me, so clumsy, and you, far away
While I was unable to tell you how I felt, you said it
Now you remain only in my album
These days we can only meet via the airwaves, but I can’t see your smile
Your warmth, the smell of your hair; as the days went by
My thirst for you was unquenched, and I searched desperately for a trace of you
On the road I often walked down with you, the only sound now was my footsteps
But enough of that, how are you? Are you eating properly?
Dammit, I just can’t say it
I’ll send you another letter from me soon

Baby boy, I’m here, I won’t go anywhere, I’ll be waiting for you
You know dat I love you, and that’s why you don’t need to worry
No matter how far apart we are, my love won’t change
You know what I mean, right?
I’m waiting for you (waiting for you)

I saw you on the sand dunes in Kamakura; the words I wanted to say were swallowed up in the waves
This is really painful; I’m a guy…so why won’t the words come?
Do you remember? When I was at karaoke with you
The words to the song I picked were on the screen
The truth was, I wanted to tell you
The day we got together, just the two of us, for the first time
We played around like we met by chance
I wanted to say “I can’t forget your smile”
But I got pretty off-topic, huh? You get what I want to say, right?
Shit, I’ve run out of space to write
Sorry, next time I’ll definitely send it

Baby boy, I’m here, I won’t go anywhere, I’ll be waiting for you
You know dat I love you, and that’s why you don’t need to worry
No matter how far apart we are, my love won’t change
You know what I mean, right?
I’m waiting for you (waiting for you)

If I was richer, if I had a more serious job
If I’d been able to suffer through everything, I know I could…
But please, don’t get the wrong idea, I don’t want to make you lonely, but
I’m busy so I can’t really talk, but
Baby believe kore wa all for our future
But to be honest, I want to see you right now, I want to hold you right now
Now there’s nobody sitting in that seat where you used to sit next to me…
Well, that’s no biggie, that wasn’t what I wanted to say
It’s probably too late, but I’ll pour out the words I’ve been wanting to say all this time, and send it to you, my unsent letter

Baby girl, I’m here, I won’t go anywhere, I’ll be waiting for you
You know dat I love you, and that’s why you don’t need to worry
No matter how far apart we are, my love won’t change
You know what I mean, right?
I’m waiting for you (waiting for you)

Baby boy, I’m here, I won’t go anywhere, I’ll be waiting for you
You know I love you, and that’s why you don’t need to worry
No matter how far apart we are, my love won’t change
Now I can come out and say it
I don’t eva wanna let you go

Advertisements

Surat Valentine dr Bu Kanrisha

Pagi ini gak sperti biasanya, pas gue ngambil sepeda di parkiran, Bu kanrisha apato (apartemen) manggil gue. Well spt biasa, dgn bahasa planet yg gue sama sekali gak mudheng, beliau nyrocos gak karuan. Yah dari pada pusing ngartiin beliau, gue malah asyik ngliatin penampilannya hari ini.

Hm, boleh d bilang Bu Kanrisha ini umurnya sekitar lima puluhan lebih, tp make-up-nya bo` tuebel buwanget. Trus masih suka pakek poni2 kucing kyk anak2 SMP skrg yg sok imut. Kadang jg suka pake scraf(gak tau gmn nulisnya he3) model2 penari Pom-pom di kepalanya. Cincin ma gelang brgelantungan d tangannya, pokoke rame deh.. (Loh kuq gue jd ngomongin orang yah..astagfirulloh..). Eittss ini bukan ngomentarin orang, tp ni adalah trend mode trbaru buat tante2 yg mau gaya hwahahah..

Walhasil, cm kata2 trakhirnya yg bsa gue tangkep dr pidatonya yg brdurasi skitar 7 menitan (Kultum dong?). Trakhir beliau bilang,”Wakarimashitaka?”sambil ngasih surat ke aku.

Secara, gue mang plg dudul kalo d suruh bhs jepang, n gue jg g ngerti beliau dr td ngomong apa, gue pura2 mbaca suratnya. Hm.. kalo diliat nulisnya dari tinta merah n kbetulan skarang adalah hari valentine, pasti ini isinya ucapan Valentine, pikirq sok ngerti. N kata2 andalan (yg gue apal emang cuman itu) keluar dr mulut gue, “Arigatou Gozaimasu”.

Perempuan itu brlalu smbil bergumam sndiri (once again dgn bhs planet).

Malemnya gue crita ke temen kalo gue dapet Kartu Valentine dr Bu Kanrisha. Trus gue ksh liat surat brtinta merah itu.

Trnyata..

Isinya adalah surat peringatan keras kalo markir speda d larang d depan gudangnya Bu Kanrisha. Apalagi nulisnya pake logat “n” yg brarti itu memaksa/keras.

Waduwwh.., gue menelan ludah, keringat dingin lgsg bercucuran…Brarti td pagi beliau marah2 to ma gue? Lah gue malah bilang aigatou, piye to ki? Lebih parahnya lg, td sore gue markir speda d tempat yg sama pula. Mati aku..

Paginya..,

pas mau berangkat,

Kudapati sepedaku dalam kondisi mengenaskan..

hiks.., 

Dengan posisi ban di atas..

Gue gak mikir buat nglabrak,

gue gak marah,

gue gak sebel ma Bu Kanrisha yg tega2nya menganiaya speda gue

pdhl gue mang gak ngerti yg beliau omongin.

Tapi saat itu yg gue pikirin cuman..

                    Wiikkss.. kuat banget yah tuh orang????

671414527392603strong-woman.jpg

nb: kanrisha = (pengelola/manajemen) yg ngurusin apartemen tiap hari

Mau Tes Kehamilan..??

Gak tau knapa akhir2 ne gue mang doyan ama yg namanya begadang, apalagi kalo d campur saos plus bawang goreng (loh ini begadang pa bakso sih..).

Padahal `bang Roma dah bilang `Begadang jgn begadang..`.

biasanya jam 2 ato jam 3 baru tidur. Pdhl gue bukan Hansip yg lg jaga Poskamling, gue jg bukan Tukang Nasi Goreng yg biasa mangkal d pertigaan ampe subuh, gue jg bukan pegawai d Sakaya(sake=anggurnya jepang) yg baru buka jam 11 malem, gue jg bkn Batman yg lg dinas malem (wah mulai ngaco neh..), tp gue cuman nunggu seseorang OL d YM. Pdhl yg d tunggu dah molor duluan, dasar dudul..

Suara adzan subuh trdengar jelas dr laptopq, tp mata rasanya kuq berat buwangett..msh dgn mata trpejam gue meraba-raba laptopq n volumenya d mute. Kembali k alam mimpi. Gak brp lama, trdengar suara “dug..dug..dug..”. “Hmm.. itu aja masjidnya masih bedug belum adzan..”, batinq msh dg mata trpejam.

Tp makin lama suara itu makin keras n serasa d dekat, lbh anehnya lg adzannya kuq kayak manggil2 nama gue..

Dudul, ini kan d Shonandai, mana ada masjid???

Gue langsung melek 100%,

trnyata.. td suaranya Mbak Helmi gedor2 pintu kmar gue mau ngambil baju d lemari. Yaelahh..

Abis sholat spt biasa, tdur lg lah..

Pas bangun2 udah jm 8, gilaa, hr ni kan gue janjian ma dokter jm 9 d RS Fujisawa. Mana jaraknya 3 eki(stasiun kereta) lagi.. Waduwh..

Lgsg lari kocar-kacir k kmr mandi, mandi kucing 5 menit doang.

Pas buru2 mau msk lift, tetangga sbelah ma tmn2nya mau bareng. Gue pura2 gak denger.., biasalah sok jual mahal (GR bgt sih jual mahal, pdhl mreka cm mau bareng turun lewat lift 😀 ). Critanya lg bls dendam nih, soalnya dulu gue jg d gituin ma mreka. Pas gue dah telat banget, mreka malah menuhin lift, gue g jd turun deh.

Lgsg cpet2 pintunya lift ta tutup, rasanya puas.. satu sama. Pikirq sambil senyum2 sndiri.

Gak brp lama pintu liftnya akan kebuka, wah untunglah dah sampe lt. 1 gumamq.

Kuaget banget pas pintu liftnya kebuka yg muncul wajah mreka berlima!!!

Trnyata aq td cuman nutup lift tp g mencet angka 1!! Dudul..

Alamak selama di lift rasanya dah pgn kabur ajah..dah pgn nutup muka pakek kresek, apalagi mreka pd cekika-cekikik..sialann..

Biar telat 5 mnt, tp untungnya dokternya g ngambek. Mengingat ini adalah tes urin prtamaq slama d Jepang. Hasil tes urin d gunakan buat memeriksa kadar proteinq.

Wiih RS. Fujisawa mang keren, alatna canggih, gue lgsg mnuju k kmar mandi buat tes urin. Trnyata d kmar mandi tu lgsg trhubung ma 2 lubang buat naruh gelas urin qta.

Secara, kanji basic aja gak mudheng apalg yg istilah kedokteran, walhasil bingung mau masukin d lubang mn. mo ngitung kancing, hr ni gue pakek blouse jd g da kancingna. Mo ngitung pake nama kependekan..

Finally, kupilih lubang yg kanan utk mnaruh gelas urinq (kata org.. kanan lbh baek dr kiri:D)

1 jam mnunggu hasil cek, tp kuq g kluar2.., gue mulai panik, nanya k suster. Susternya mlh blg kalo gelas urinq gak ada. waduwwhh.. Masak gue d suruh tes urin lg sehh..mn bs kluar?

Akhirnya suster2 pd bingung nyariin gelas keramat itu.Muter2 sana-sini. Gue sndiri dr td tak paksa2in minum aer ampe kembung, siap2 kalo d suruh cek urin lg mksudna..

Stengah jam brlalu..tp blm ada tanda2 kehidupan

Akhirnya.. ktemu jugah.. fiuhh..

Ternyta.. gelas itu brada d lab obgyn, sdg d proses utk TES KEHAMILAN!!

Dasar dudul, gara2 slh masukin lubang akibatnya bkin suster2 kacau, bagian administrasi pusing, dokternya jg bingung..

Tp gue ttp stay cool, ttp innoncent dgn wajah tak brsalah n pura2 g sadar kalo gue dah bkin kaco RS:D

Tau gak hsl tes pregnantnya…

….

…y negatif lah!!

Dudul bgt sih, mang gue mo hamil ma sape??

All `bout Lupus SLE

Apakah Lupus itu?
Lupus adalah penyakit “Autoimun” (kekebalan tubuh sendiri) kronik atau berkepanjangan, dimana sistem kekebalan tubuh menjadi hiperaktif disebabkan hal yang belum diketahui dan menyerang jaringan tubuh sendiri yang sehat.

Ada berapa macam bentuk Lupus?
ada 3, yaitu:
1. Cutaneus Lupus (seringkali disebut Discoid) yang mempengaruhi kulit.
2. Systemic Lupus (SLE)yang menyerang organ tubuh seperti: kulit, persendian, paru-paru, darah, pembuluh darah, jantung, ginjal, hati, otak dan syaraf.
3. Drug induced lupus (DIL), timbul setelah berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun menggunakan obat-obatan tertentu. Setelah pemakaian dihentikan, umumnya gejala akan hilang setelah 6 bulan. Tetapi ANA tetap positif untuk bertahun-tahun.

Apa penyebab Lupus?
Penyebab yang sebenarnya belum diketahui, tetapi terdapat faktor risiko yang dapat mempengaruhi timbulnya lupus yaitu genetik dan lingkungan

Apa yang dapat membangkitkan Lupus?
Diduga ada beberapa faktor tertentu penyebab bangkitnya atau kambuhnya lupus, antara lain: Sinar ultraviolet, obat-obatan tertentu, infeksi, beberapa antibiotik tertentu, hormon.

Apakah penyakit ini menurun?
Diduga (walaupun belum terbukti secara ilmiah) orang tua dapat mewariskan faktor tertentu kepada keturunannya sehingga mereka rentan terhadap lupus. Bukan berarti mereka pasti akan menderita lupus, hanya mereka akan lebih mudah terkena. Pada saat ini tidak terdapat tes genetik untuk meneliti apakah seseorang rentan terhadap lupus atau tidak.

Bagaimana tampak ruam / radang tersebut?
Beraneka ragam.
1. “Butterfly rash”, radang kulit pada wajah bentuknya seperti kupu-kupu mulai dari kedua belah pipi sampai ke hidung. Bisa tampak rata atau timbul. Dapat berwarna merah terang, kemerah-merahan, atau kekulit-kulitan.
2. Radang discoid, bentuknya seperti uang logam atau oval sepertii disket. Terdapat pada bagian kulit yang sering terkena sinar matahari, terutama daerah sekitar leher. Cenderung berwarna merah, timbul dan bersisik. Bila sembuh, bekasnya tetap terlihat. Radang ini juga dapat menyebabkan perubahan warna kulit disekitarnya menjadi lebih terang atau gelap. Juga timbul pada kulit kepala.
3. Redness, radang cutaneus yang kurang parah, bentuknya juga seperti uang logam, sangat peka cahaya dan bisa bertambah parah bila terkena sinar ultra violet. Tetapi tidak meninggalkan bekas, dan biasanya timbul di seluruh permukaan tubuh.

Dapatkah Cutaneus Lupus berkembang menjadi Systemic Lupus?
Ya, 10% kasus Cutaneus lupus berkembang menjadi systemic lupus. Tetapi ini dapat diperkirakan atau dicegah sebelumnya?

Bagaimana pengobatan Cutaneus lupus?
Pengobatan cutaneus lupus menggunakan krim atau salep >corticosteroid. Tetapi jika tidak ada reaksi, dokter biasanya menyuntik corticosteroid langsung pada radang. Jika radang terlalu tersebar luas, biasanya digunakan corticosteroid yang dapat diminum, atau dapat juga diberikan obat-obatan jenis anti malaria, seperti Plaquenil (hydroxychloroquine).Pengunaan alat-alat yang mengurangi efek sinar matahari untuk mencegah bertambah parahnya radang, sangatlah penting.

Apa artinya fotosensitifitas dan bagaimana reaksinya?
Fotosensitifitas adalah kepekaan terhadap sinar UV (ultra –violet), seperti sinar matahari atau sumber lainnya. Reaksi yang khas biasanya berupa peradangan pada kulit, tetapi juga demam, kelelahan, sakit persendian dan gejala-gejala SLE lainnya. Pada beberapa kasus , sinar matahari dapat menyebabkan gangguan ginjal.

Dokter apa yang dapat mendiagnosa SLE?
Bila semua kriteria terpenuhi sekaligus, semua ahli medis(dokter umum, spesialis penyakit dalam, dokter anak)dapat membuat diagnosa yang tepat. Tetapi, seperti sudah diketahui, seringkali gejala timbul satu persatu sehingga tidak dapat langsung didiagnosis. Dalam hal ini perlu berkonsultasi dengan rheumatologis.

Bagaimana SLE dapat didiagnosa?
Ahli-ahli medis menggunakan daftar 11 kriteria ARA (American Rheumatism Association) untuk membantu mendiagnosa SLE.
Seseorang perlu memenuhi setidak-tidaknya 4 dari 11 kriteria untuk memastikan diagnosis.
1. Ruam (bercak-bercak) diskoid
2. Ruam malar (di pipi)
3. Radang selaput dalaman, selaput paru atau jantung
4. Kelainan ginjal: protein dalam air kencing melebihi 500mg/ 24 jam
5. Radang sendi non-erosif pada 2 sendi atau lebih
6. Kelainan darah: anemia, leukopenia, trombositopenia
7. Fotosensitifitas
8. Kelainan sistem saraf:kejang atau kelainan jiwa
9. Sariawan di rongga mulut dan tenggorokan
10. Kelainan immunologi (anti ds-DNA positif, anti-antibodi sm positif, atau tes terhadap sifilis palsu atau sel LE positif)
11. Kadar antibodi-antinuklir abnormal
Tes ANA biasanya digunakan sebagai screening test SLE. Diketahui, 95 % penderita SLE mempunyai hasil positif tes ANA. Oleh karena itu, bila seseorang menunjukkan gejala-gejala SLE, tetapi tes ANA-nya negatif, biasanya itu dianggap bukti yang cukup kuat bahwa lupus merupakan penyebab timbulnya gejala-gejala tersebut. Di lain pihak, bila tes ANA positif, belum berarti bahwa seseorang menderita lupus. Hasil positif itu hanya indikator, bukan diagnostik.
Keadaan seperti ini dapat ditemukan pada penyakit-penyakit lain, seperti: Rheumatoid arthritis, Sjorgen’s (show-grens) syndrome, Scleroderma, Penyakit-penyakit menular (mononucleosis, malaria, subacute bacterial endocarditis), Penyakit-penyakit autoimmune(penyakit autoimmune thyroid, penyakit autoimmune liver)

Mengapa SLE sangat sukar didiagnosa?
Ada beberapa alasan:
§ Systemic lupus adalah penyakit multi system. Sebelum penyakit jenis ini dapat didiagnosa, harus timbul gejala pada bagian-bagian tubuh dahulu. Lalu penelitian laboratorium harus mengidentifikasikan kehadiran penyakit multi system ini.
§ Penyakit ini tidak berkembang sekaligus, tetapi perlahan-lahan seiring dengan waktu. Gejalanya timbul dan hilang silih berganti,dan pada umumnya memakan waktu yang cukup lama untuk akhirnya dapat diindikasi kehadirannya. Jarak waktu tersebut berbeda-beda pada setiap kasus, kadang-kadang memakan waktu berbulan-bulan sampai bertahun-tahun.
§ Systemic lupus juga terkenal dengan sebutan “Great Imitator” (peniru yang hebat) karena dapat meniru berbagai macam penyakit dan keadaannya.
§ Tidak adanya tes khusus untuk mendiagnosa Lupus. Seringkali, orang yang didapatkan positif lupus (dari tes anti nuclear antibody) ternyata tidak mengidap penyakit tersebut.

Bagaimana pasien bisa mengetahui bahwa lupusnya sedang aktif?
Bila lupus sedang kambuh, pasien bisanya dapat merasakan kembalinya gejala yang telah mereka alami sebelumnya. Tetapi kadang-kadang muncul juga gejala yang baru. Ini termasuk:demam, sakit persendian, pembengkakan persendian, cepat capai, kurang nafsu makan, rambut rontok, pedih atau borok pada lubang hidung atau mulut. Suhu tubuh diatas 38 derajat celcius, bukan karena infeksi, juga merupakan tanda-tanda.

Kapan sebaiknya pasien memberitahu dokternya?
Anda sebaiknya memberitahu dokter secepatnya bila terjadi perubahan pada gejala anda, atau bertambahnya parah lupus. Seperti misalnya:
§ Darah pada waktu buang air besar atau pada muntah.
§ Sakit perut yang parah
§ Sakit dada
§ Serangan mendadak
§ Timbul demam atau bila suhu tubuh lebih tinggi dari biasanya
§ Lecet atau perdarahan pada tubuh anda
§ Perubahan mood
§ Gejala kombinasi seperti sakit kepala dengan leher kaku dan demam.
Kombinasi seperti ini dapat gawat sehingga anda perlu memperingati dokter anda secepatnya. Hal-hal lain yang mengharuskan anda berkonsultasi dengan dokter. Misalnya bila anda telah mencoba obat-obatan baru untuk beberapa saat seperti dianjurkan dokter, tetapi keadaan anda tidak menjadi lebih baik, atu bahkan malah memperburuk. Beritahu dokter anda secepatnya.

Adakah cara untuk memperlambat perkembangan lupus atau bahkan mencegahnya?
Kalau memang lupus sedang berkembang di tubuh anda, tidak ada cara untuk mencegahnya.
Tetapi anda dapat melakukan hal-hal tersebut di bawah ini:
§ Mengenali lupus sebaik mungkin, sehingga bila gejala mulai bertambah banyak, anda dapat mengenalinya dan memperingati dokter anda.
§ Banyak istirahat dan latihan kebugaran
§ Sikap makan yang seimbang
§ Menghindari cahaya matahari yang berlebihan
§ Berusaha menangani stress secara efektif
§ Mematuhi saran-saran dokter anda

Apakah lupus penyakit yang fatal?
Secara umum lupus bukanlah penyakit yang fatal.faktanya dengan pengobatan dan penelitian close follow up, 80-90 % pasien lupus dapat hidup dengan normal.

Apakah lupus dapat disembuhkan?
untuk saat ini tidak diketahui cara menyembuhkan lupus, kecuali adanya metode perawatan yang efektif.
Apa yang biasanya menjadi penyebab pasien lupus meninggal?
Kebanyakan adalah infeksi dan kegagalan ginjal.
Jika pasien lupus didiagnosa lupus anticoagulant. Apakah artinya dia menderita Systemic lupus eritematosus (SLE)?
Lupus anticoagulant dikategorikan sebagai tipe antiphospholipid yang pertama dideteksi pada penderita lupus. Baru kemudian diketahui bahwa bukan penderita lupuspun memproduksi antibody ini. Kenyataannya, 50 % dari orang yang mempunyai antiphospholipid tidak menderita lupus. Jadi bila seseorang mempunyai antibody lupus anti coagulant bukan berarti ia akan menderita SLE.
Ada sindrom yang dinamakan ‘primary antiphospholipid syndrom” (PAPS). Istilah ini digunakan untuk menggambarkan orang yang tidak menunjukkan gejala SLE tetapi memproduksi anti body antiphospholipid seperti lupus anticoagulant dan/atau antibody anti-cardiolipin dan kemudian mengalami masalah pembekuan darah, keguguran, atau thrombocytopenia (jumlah platelet rendah). Mereka yang mengalami PAPS bukan penderita lupus.

Apakah Lupus sama dengan AIDS?
Tidak. Pada AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) sistem kekebalan kurang aktif, tidak sempurna. Pada Lupus sistem kekebalan terlalu aktif memproduksi antibody yang sangat banyak. AIDS menular, sedangkan lupus tidak. Mayoritas orang yang didiagnosa dengan AIDS meninggal karena penyakit ini. Sedangkan mayoritas penderita lupus hidup sampai batas umur yang normal
Apakah pasien lupus dapat mendapat kanker?
Kemungkinan Odapus mendapat kanker sama besar seperti orang-orang lain pada umumnya. Tetapi mereka yang pernah menggunakan obat-obatan chemotherapy tertentu memang membawa resiko kanker di masa yang akan datang.

Bagaimana perawatan kanker pada pasien lupus?
Kanker dapat diobati dengan cara: operasi, penyinaran dan atau chemotherapy.
Semua penderita lupus yang pernah mengalami operasi kanker harus dipantau secara dekat oleh ahli medis dan/atau rheumatologis untuk melihat perkembangan lupus selama periode itu. Pasien yang menerima therapy steroid dan prosedur operasi, dosis steroidnya harus disesuaikan selama waktu menjelang operasi dan dikembalikan perlahan-lahan setelah operasi. Bila seseorang akan dioperasi dan masih menggunakan nonsteroidal anti-inflammatory atau aspirin, yang kedua-duanya dapat mempengaruhi proses pembekuan darah, harus menghentikan obat-obatan ini sebelum operasi untuk membatasi perdarahan.

OBAT
Obat-obatan apa saja yang dapat menyebabkan DIL?
Obat-obatan yang sudah terbukti dapat menyebabkan DIL:
§ Procainamide, nama dagang Procan atau Pronestyl, digunakan pada gangguan detak jantung.
§ Hydralazine, nama dagang Apresoline atau Apresazide, digunakan pada tekanan darah tinggi.
§ Isoniazid, nama dagang INH, untuk TBC
§ Quinidine, untuk gangguan detak jantung
§ Phenytoin, nama dagang Dilantin, untuk kejang-kejang.

Apakah penderita SLE atau cutaneus lupus sebaiknya menghindarai obat-obatan yang berhubungan dengan DIL?
Sebagian besar obat-obatan yang berhubungan dengan DIL dapat digunakan oleh penderita SLE atau cutaneus lupus, bila tidak ada alternatif lainnya.

Bagaimana cara merawat lupus?
Titik berat perawatan lupus adalah mengurangi peradangan. Ada 4 besar obat-obatan yang digunakan:
§ Obat-obatan non-steroidal anti inflammatory, seperti ibuprofen (advil & motrin), naproxen, naprosyn (aleve), clinoril, feldene, voltaren.
§ Obat-obatan corticosteroid, seperti prednison, prednisolone, medrol, deltasone, cortison, dll.
§ Obat-obatan anti malaria sangat efektif untuk persendian yang sakit, luka kulit dan borok di dalam hidung atau mulut. Obat anti malaria yang sering diberikan adalah plaquonil (hydroxichloroquine).
§ Immunosuppressants/ chemotherapy, umumnya digunakan pada mereka yang mengalami kambuh yang parah(organ tubuh terkena), atau untuk menurunkan penggunaan dosis steroid. Obat ini untuk menyetop over aktifitas sistem kekebalan dan juga membantu membatasi kerusakan yang terjadi dan mengembalikan fungsi organ. (lupus bukan sejenis cancer)
Mayoritas pasien lupus dirawat dengan menggunakan ketiga obat-obatan pertama. Digunakan sekaligus atau sendiri-sendiri. Karena reaksi tiap orang terhadap suatu obat berbeda-beda, biasanya perlu beberapa waktu untuk mengetes kecocokan atau ketidakcocokan seseorang pada obat-obatan tertentu. Seringkali para ahli mencoba secara satu persatu, melihat hasilnya sebelum mengganti dosis atau ke obat lain.

Adakah obat-obatan yang sebaiknya dihindari penderita lupus?
Tidak ada obat yang sangat tepat atau sangat tidak tepat bagi pasien SLE.
Dokter anda harus memperhatikan faktor alergi terhadap obat-obatan tertentu, dan mempelajari hubungan antara masa kambuh dan hormon estrogen atau pil KB.
Pasien terutama harus berhati-hati pada obat-obatan antibiotik sulfa(Bactrim, gantrisin, septra)sering diberikan pada orang yang mengalami gangguan infeksi pada saluran kencing, dan dapat menambah kepekaan penderita lupus terhadap sinar matahari, mengakibatkan rendahnya jumlah darah merah yang biasanya diikuti kambuhnya penyakit.

Apa yang dapat Pasien lupus lakukan jika obat penghilang rasa sakit tidak terasa efeknya lagi?
Ada yang dapat memanfaatkan panas, atau justru dingin. Lainnya merasa jika mereka bisa mengalihkan perhatian mereka dari rasa sakit, akan sangat membantu.

Apakah hormon dapat membuat lupus kambuh?
Tidak diketahui secara pasti. Ada beberapa pengalaman pribadi dimana lupus kambuh pada masa kehamilan, masa datang haid, penggunaan pil KB, dan therapy pergantian hormon. Diduga hormon mempunyai peranan, tetapi tidak diketahui secara pasti. Perbandingan penderita lupus antara perempuan dan laki-laki adalah 9:1, jadi peranan hormon pada sistem kekebalan tubuh kemungkinan ada.

POLA HIDUP
Hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan pasien SLE?

§ Diet: tidak ada diet khusus untuk lupus. Sebaiknya memang pasien lupus mengikuti diet yang disarankan american heart association atau american cancer society. Keduanya berkadar lemak rendah, kadar garam rendah, dan sedikit gula halus. Selain itu keduanya seimbang karena mengandung jumlah yang cukup dari beraneka ragam jenis makanan. Jenis makanan tertentu yang mengakibatkan kambuhnya gejala lupus anda, tentu harus dihindari.
§ Vitamin: Umumnya multi-vitamin tambahan sudah cukup, tetapi konsumsi vitamin yang berlebihan dapat membahayakan dan harus dihindari. Calsium supplement untuk mencegah penipisan tulang (osteoporosis) sangat baik. Pasien yang memakai methotrexate seringkali dianjurkan untuk minum folic acid sebgai tambahan.
§ Olah-raga: berolahraga secara teratur dianjurkan pada setiap pasien lupus, khususnya bila mereka sedang sehat dan fit. Jalan kaki, berenang, bersepeda, dan olah raga aerobic lainnya sangat baik. Tetapi berhati-hatilah, hindari rasa capai yang berlebihan.
§ Kecapaian: bila lupus anda sedang aktif, anda akan sering merasa letih. Sangatlah penting mengetahui kapan tubuh anda memerlukan istirahat. Karena istirahat yang cukup sangat penting pada saat seperti itu. misalnya tidur siang, menyesuaikan kegiatan anda, dan menyusun prioritas anda. Menyesuaikan diri terhadap kondisi ini melatih anda untuk mengatur ritme kegiatan anda sehari-hari. Latihan aerobic secara teratur membantu daya tahan tubuh anda, biasanya sangat membantu jika anda sedang mengalami kelelahan. Hindari berolah raga dengan berlebihan bila anda merasa sedikit demam atau tanda-tanda penyakit yang cukup aktif lainnya.
§ Tidur:Banyak-banyak tidur. Tetapi jangan lupa bila kondisi anda sedang membaik sebaiknya anda kembali melakukan kegiatan-kegiatan seperti sebelumnya secara perlahan-lahan. Tidur siang atau tidur sebentar dapat sangat menolong. Sangat penting beristirahat yang cukup pada malam hari dan tidak terlalu sibuk pada siang hari , supaya anda tidak menjadi terlalu letih.
§ Obat-obatan: gunakan obat-obatan yang dianjurkan dokter anda. Bila terjadi efek sampingan, beritahu dokter anda. Berusahalah mengetahui kegunaan obat-obatan yang anda gunakan, sehingga anda dapat memantau hasilnya. Bila tidak beritahu dokter anda.
§ Jadwal kerja: jenis pekerjaan yang dapat dilakukan penderita lupus sangat bermacam-macam. Banyak pasien lupus yang sanggup melakukan pekerjaan full time, sedangkan ada yang harus mengurangi jadwal mereka. Malahan ada yang sama sekali tidak sanggup bekerja dan memilih mengambil pesangon .

Apakah stress mempengaruhi lupus
Tidak diketahui secara pasti. Ada beberapa pengalaman pribadi dimana lupus kambuh pada saat atau setelah periode stress. Tetapi untuk membuktikannya diperlukan penelitian ilmiah.

Bagaimana mengatasi rambut rontok yang disebabkan radang kulit kepala?
Bila hasil biopsi menunjukkan kondisi kulit kepala yang cukup parah, kemungkinan untuk mendapatkan rambut seperti sedia kala sangat kecil. Bila tidak parah, pengobatan dengan corticosteroid dan/atau obat-obatan anti malaria dapat membantu memulihkan keadaan rambut. Bila Lupus sedang tidak kambuh, biasanya rambut akan tumbuh kembali.

Bagaimana cara menutupi bekas radang pada kulit wajah?
A: Ada beberapa “covermark make-up” komersial yang tersedia, yang mungkin dapat membantu.

Bagaimana mencegah bertambahnya berat badan yang diakibatkan prednison?
Bertambahnya rasa lapar adalah efek sampingan dari therapy corticosteroid. Seringkali dengan menyadari hal ini orang dapat mengendalikan kenaikan berat badan. Bila anda menggunakan steroid atau bila dosis steroid anda dinaikkan, anda dapat merencanakan diet yang sehat dan bertahan dengan itu. inilah beberapa cara untuk mengatasi rasa lapar anda:
§ minum segelas besar jus sayur yang berkadar sodium (garam) rendah
§ makan semangkuk popcorn rebus atau yang berkadar lemak rendah
§ makan sepiring sayuran mentah dengan krim berkadar lemak rendah
§ bila memungkinkan berjalan kaki
§ minum secangkir kopi susu tanpa kafein
makanan pengganti berkadar lemak rendah dapat mengurangi jumlah kalori yang anda konsumsi dan menekan kenaikan berat badan anda. Anda juga dapat mengurangi penumpukan air dalam tubuh dengan membatasi pemakaian sodium dan atau garam. Caranya dengan menghindari makanan yang telah diproses lebih dahulu seperti sosis, bacon, fast food.
Kalaupun tidak bisa dihindari periksalah kandungan sodiumnya per porsi, jangan melebihi 140-200mg. Bila akan menyantap makanan yang telah dibekukan terlebih dahulu, jangan lebihi total 500-700 mg sodium. Pilihlah makanan yang segar karena kadar sodiumnya yang lebih rendah.

Mungkinkah Odapus mempunyai anak?
Tidak ada alasan mengapa penderita lupus tidak boleh hamil bila tidak ada organ tubuhnya sakit parah atau bila tidak menjalani therapy immunosuppressive. Tetapi harus disadari adanya resiko peningkatan aktivitas penyakit selama 3 sampai 4 minggu setelah kehamilan terjadi. Karena itu pasien lupus yang sedang hamil harus dimonitor setiap saat oleh obstetrian yang berpengalaman dengan kehamilan beresiko tinggi, dan juga oleh dokter lupus mereka. Menurut statistik, 50 % kehamilan lupus berjalan normal, 25 % akan melahirkan bayi sehat secara prematur, dan sisanya akan mengalami keguguran atau kematian dalam kandungan.
Bagaimana nasib anak penderita lupus?
Masa depan anak-anak kecil maupun dewasa penderita SLE sudah sangat membaik dibandingkan 20 tahun yang lalu. Dengan therapy modern, anak-anak sanggup mengatasinya seperti orang dewasa.

Apakah pasien lupus akan menjadi cacat dan menggunakan kursi roda?
Lupus arthritis umumnya tidak menyebabkan kecacatan pada persendian. Kadang-kadang avascular necrosis dari tulang, berhubungan dengan steroid dan lupus, mengharuskan operasi penggantian pinggul atau lutut.

Apakah pijat cukup aman bagi penderita lupus?
Ya, kalau anda merasakan manfaatnya. Kalau tidak sebaiknya dihindari.

Apakah akupunktur dapat membantu?
Banyak cerita pasien yang merasakan manfaat akupunktur. Ini juga merupakan pengobatan alternatif gejala lupus yang memerlukan penelitian lebih lanjut. Tetapi, umumnya para ahli medis tidak terlalu kagum dengan manfaat akupunktur.

Apakah ada jamu-jamuan atau vitamin yang direkomendasikan untuk pasien lupus?
Kami tidak merekomendasikan jamu-jamuan atau vitamin tertentu. Karena ini daerah yang masih perlu penelitian ilmiah lebih lanjut. Anda harus tetap berhati-hati, karena beberapa jenis jamu mempunyai kandungan yang cukup berbahaya.

Dari: Berbagai sumber

Berteman dalam Islam

Minggu kmaren aq kebagian tugas ngisi kultum d kelompok pengajianq, bagi aq agak berat juga sih temanya, “Berteman dalam Islam” sedang aq sndiri belum bs mnjadi figur teman yg baik mnurut Islam, bagaimana bisa memberikan kultum sperti ini. Tapi semuanya kalo emang niatnya utk mengajak jamaah pengajian mnjadi lebih baik y.. halal-halal saja insya4JJ.. Continue reading ‘Berteman dalam Islam’

Be wise for Love..

1. Jangan tertarik kepada seseorang karena parasnya, sebab keelokan
paras dapat menyesatkan. Jangan pula tertarik kepada kekayaannya karena
kekayaan dapat musnah. Tertariklah kepada seseorang yang dapat membuatmu
tersenyum, karena hanya senyum yang dapat membuat hari-hari yang gelap
menjadi cerah. Semoga kamu menemukan orang seperti itu.

2. Ada saat-saat dalam hidup ketika kamu sangat merindukan seseorang
sehingga ingin hati menjemputnya dari alam mimpi dan memeluknya dalam
alam nyata. Semoga kamu memimpikan orang seperti itu.

4. Semoga kamu mendapatkan kebahagiaan yang cukup untuk membuatmu
baik hati, cobaan yang cukup untuk membuatmu kuat, kesedihan yang cukup
untuk membuatmu manusiawi, pengharapan yang cukup untuk membuatmu
bahagia

5. Ketika satu pintu kebahagiaan tertutup, pintu yang lain dibukakan.
Tetapi acap kali kita terpaku terlalu lama pada pintu yang tertutup
sehingga tidak melihat pintu lain yang dibukakan bagi kita.

6. Sahabat terbaik adalah dia yang dapat duduk berayun-ayun di
beranda bersamamu, tanpa mengucapkan sepatah katapun , dan kemudian kami
meninggalkannya dengan perasaan telah bercakap-cakap lama dengannya.

7. Sungguh benar bahwa kita tidak tahu apa yang kita miliki sampai
kita kehilangannya, tetapi sungguh benar pula bahwa kita tidak tahu apa
yang belum pernah kita miliki sampai kita mendapatkannya.

8. Pandanglah segala sesuatu dari kacamata orang lain. Apabila hal
itu menyakitkan hatimu, sangat mungkin hal itu menyakitkan hari orang
lain pula.

9. Kata-kata yang diucapkan sembarangan dapat menyulut perselisihan.
Kata-kata yang kejam dapat menghancurkan suatu kehidupan. Kata-kata yang
diucapkan pada tempatnya dapat meredakan ketegangan. Kata-kata yang
penuh cinta dapat menyembuhkan dan memberkahi.

10. Awal dari cinta adalah membiarkan orang yang kita cintai
menjadi dirinya sendiri, dan tidak merubahnya menjadi gambaran yang kita
inginkan. Jika tidak, kita hanya mencintai pantulan diri sendiri yang
kita temukan di dalam dia.

11. Orang-orang yang paling berbahagia tidak selalu memiliki
hal-hal terbaik, meraka hanya berusaha menjadikan yang terbaik dari
setiap hal yang hadir dalam hidupnya.

12. Mungkin Tuhan menginginkan kita bertemu dengan beberapa orang
yang salah sebelum bertemu dengan orang yang tepat, kita harus mengerti
bagaimana berterimakasih atas karunia itu.

13. Hanya diperlukan waktu semenit untuk menaksir seseorang, sejam
untuk menyukai seseorang dan sehari untuk mencintai seseorang, tetapi
diperlukan waktu seumur hidup untuk melupakan seseorang.

14. Kebahagiaan tersedia bagi mereka yang menangis, mereka yang
disakiti hatinya, mereka yang mencari dan mereka yang mencoba. Karena
hanya mereka itulah yang menghargai pentingnya orang-orang yang pernah
hadir dalam hidup mereka.

15. Cinta adalah jika kamu kehilangan rasa, gairah, romantika dan
masih tetap perduli padanya.

16. Hal yang menyedihkan dalam hidup adalah ketika kamu bertemu
seseorang yang sangat berarti bagimu dan mendapati pada akhirnya bahwa
tidak demikian adanya dan kamu harus melepaskannya.

17. Cinta dimulai dengan sebuah senyuman, bertumbuh dengan sebuah
hubungan dan berakhir dengan tetesan air mata.

18. Cinta datang kepada mereka yang masih berharap sekalipun
pernah dikecewakan, kepada mereka yang masih percaya sekalipun pernah
dikhianati, kepada mereka yang masih mencintai sekalipun pernah disakiti
hatinya.

19. Sungguh menyakitkan mencintai seseorang yang tidak
mencintaimu, tetapi lebih menyakitkan adalah mencintai seseorang dan
tidak pernah memiliki keberanian untuk mengutarakan cintamu kepadanya.

20. Masa depan yang cerah selalu tergantung pada masa lalu yang
dilupakan. Kamu tidak dapat hidup terus dengan baik jika kamu tidak
melupakan kegagalan dan sakit hati di masa lalu.

21. Jangan pernah mengucapkan selamat tinggal jika kami masih mau
mencoba, jangan pernah menyerah jika kamu masih merasa sanggup, jangan
pernah mengatakan kamu tidak mencintainya lagi jika kamu masih tidak
dapat melupakannya.

22. Memberikan seluruh cintamu kepada seseorang bukanlah jaminan
dia akan membalas cintamu. Jangan mengharapkan balasan cinta, tunggulah
sampai cinta berkembang di hatinya, tetapi jika tidak, berbahagialah
karena cinta tumbuh di hatimu.

23. Ada hal-hal yang sangat ingin kamu dengar tetapi tidak
akan pernah kamu dengar dari orang yang kamu harapkan untuk
mengatakannya. Namun demikian, janganlah menulikan telinga untuk
mendengar dari orang yang mengatakannya dengan sepenuh hati.

24. Waktu kamu lahir, kamu menangis dan orang-orang di
sekelilingmu tersenyum. Jalanilah hidupmu sehingga pada waktu kamu
meninggal, kamu tersenyum dan orang-orang di sekelilingmu menangis.

3D Teleconference (..4)

4. ANALISA

 

1.1  Clustering sampel kulit

Jumlah cluster sangat menentukan hasil dari penelitian selanjutnya. Untuk itu penentuan jumlah yang tepat dengan cara melakukan ujicoba dengan jumlah yang berbeda-beda dan membandingkan hasil yang terbaik sangat perlu dalam penelitian ini.

 



 

Tabel 4.1  : Tabel range RGB sampel kulit

Centroid

Pixel RGB Sampel Kulit

 

R

G

B

1

163.256097

160.853721

160.853721

2

152.184076

151.867125

151.347125

3

230.531735

154.893759

154.893759

4

210.289576

157.507689

151.169151

 

1.2  Pendeteksian Titik

Merupakan tahap yang paling banyak mengalami error. Pada skin region, jika background dan pencahayaan kurang tepat akan susah mendeteksi daerah kulit. Pada dasarnya tidak ada fitur wajah manusia yang sama, maka penentuan treshold yang tepat untuk mendeteksi fitur-fitur wajah sangat dibutuhkan.



 

1.3  Tracking Titik-titik Fitur Wajah

Pencarian pergeseran template point lebih sulit dibandingkan dengan template kotak. Karena kurang adanya ciri khusus pada point template sedangkan piksel pada object semua hampir sama.Berikut contoh analisa tracking:


Tabel 4.2  : Tabel point tracking frame

No.

Frame awal

Frame sekarang

Pergeseran

Korelasi

 Point

X

Y

X

Y

Koordinat

Max

48

117

160

119

160

+2 ; 0

0,9949         

49

123

162

122

160

+1 ; -2

0,9957         

51

124

161

124

163

  0 ; +2

0,995          

50

126

160

129

159

+3 ; -1

0,9937         

17

187

160

193

158

+6 ; -2

0,6876

 

              Pada kolom pergeseran koordinat, baris yang diwarnai biru merupakan titik yang error karena pergeseran titiknya melebihi rata-rata pergeseran lainnya.

 



 

Tracking fitur user bisa dilakukan secara online maupun offline. Untuk offline hanya digunakan sebagai ujicoba keakuratan sistem saja.

 

1.4  Pengiriman Data

Analisa pengiriman titik-titk fitur menggunakan send( ) :

Banyak data           = jumlah koordinat X * jumlah koordinat Y * Nomer Urutan Titik

                                 = 35 * 35 * 35

                                 = 42875

Waktu yang dibutuhkan =  0.66 / second

Kecepatan pengiriman            = banyak  data / waktu yang dibutuhkan

                =  42875 / 0.66

                =  64962,1212

Jadi kecepatan pengiriman data adalah  64962,1212 data / second

 

 

 

1.5  Texture Mapping

Pada tahap terakhir ini, pergerakan fitur-fitur wajah sulit ditampilkan dikarenakan perubahan titik-titik koordinat yang cepat sekali.

 


Sistem 3D Teleconference ini disajikan dalam library PLIB yang mampu memberikan GUI sesuai kebutuhan.

 


 

Pada Gambar 4.5 tampak tampilan interface program client yang berfungsi untuk mendeteksi titik. Window yang berwarna biru adalah GUI dari client sedangkan window yang berwarna merah adalah GUI dari server. Jadi nantinya akan berjalan dua buah aplikasi.


  • Ngintip Doank Gak Kasih Comment??



    He3 emang enak di timpuk..
  • Daftarin jd blog favo kamuh..

    Add to Technorati Favorites

    Blog Status

    • 95,455 hits
  • Wanna Chat WIth Me:

  • Yang lagi Nongkrong

    web tracker
    Advertisements