Sholat Jumat Makruh bg Cewek???

“Hah? Kamu nggak salah ngomong Kin? Bukannya malah sunnah? Hukum drmn tuh?”,seniorq keheranan mndengar jawabanq ketika dia ngajakin sholat Jumat ma mereka d Keio University.

Iya..kenapa ya kuq makhruh..

Bukannya dulu kita(sbg cewek nih) waktu SMP n SMA malah d wajibin ikut jumatan, d absen malah. Bukannya sholat berjamaah itu sunnah, apalagi d masjid, pahalanya dobel kan?

Nah loh bingung kan?

Sebagian besar ulama berpendapat bahwa lebih baik bagi kaum wanita untuk tetap tinggal di rumah dengan melaksanakan shalat zuhur. Sebab, Nabi saw. Pernah bersabda, “Rumah-rumah mereka adalah lebih baik bagi mereka.”

Trus atas dasar apa dalil itu bisa di jadika alasan?

Mm.. begini yah.. (mnurut pengertian n pemahaman penulis sih..)


Menurut madzhab Syafii, kalau wanita tersebut memiliki daya tarik, kedatangannya ke masjid adalah makruh, sementara jika tidak memiliki daya tarik tidak makruh. Adapun wanita tua bagi mereka dianjurkan untuk datang ke masjid.

So bisa bayangin kan.., seupama kamu dateng sendirian ato berdua ajah me temen kamu, sementara penghuni masjid saat itu cowok semua, y pastilah kamu jadi pusat perhatian..buyar dah konsentrasi mereka buat sholat jumat.

Tapi kalo yang dateng nenek2 yang jalan aja musti pakek tongkat giginya tinggal dua (burung kakak tua kale..) masak tuh cowok2 bakal curi2 pandang ke tuh nenek2 ?? (kecuali kalo tuh nenek2 k masjid pake rok mini :mrgreen: , eh tp walopun pake rok mini mungkin yg terlintas d pkiran cow2 malah prasaan kasian.., takut kalo masuk angin he3)

Menurut Prof. Abdul Karim Zaidan adalah bahwa para wanita diperbolehkan dan dianjurkan untuk shalat jumat dengan syarat telah mendapatkan izin suami atau walinya, tidak menimbulkan fitnah, tidak memergunakan parfum, dan tidak berhias. Kalau mereka bisa memenuhi kelima syarat tersebut, mereka dianjurkan untuk ke masjid karena shalat jumat dikerjakan satu kali dalam seminggu di mana di dalamnya ada khutbah yang sangat berguna bagi mereka selain juga menjadi sarana untuk berkenalan dengan para wanita muslimah lainnya.

So, walopun dah dapet ijin dr suami/wali, gak perlu lah kita bawa majalah gossip ke masjid, gak perlu parfum cukup minyak gosok (minyak tanah lebih murah tuh..), n gak perlu dandan heboh ala Melly Goeslaw lg konser.

Trus, soal sholat jumat d skul yg d absen tuh gmn??

Yah..balik smua k pemahaman (spt firman 4JJ bahwa sesungguhnya manusia di ciptakan utk brpikir), utk case yg satu ini kita anggap aja belajar. N belajar itu hukumnya wajib!

Tp.. mnurut pngalaman penulis sndr sih.. (jgn d contoh!!)

Sholat jumat d skul tuh byk mudhorotnya drpd maslahatnya, soalnya dulu aq sering make waktu Khotbah Jumat tuh buat ngerjain PR :mrgreen: , lbh parahnya lg suka ngegosip ma tmen2.. “Eh senior yg duduk d pojokan tuh.. kamu kenal nggak? Wiih cakep yah kalo pake peci ma sarung..”,sambil cekikak-cekikik. Walhasil khutbah dr guru agama kita msk telinga kanan keluar idung kiri (luh gak nyambung yah?)

Nah.., jadi ngerti kan dasarnya sholat jumat bagi cew? smoga ajah info ini bsa brmanfaat buat km smua.

Kalo ada salah dr penulis…

Yah suka2 gue dong, blog2 gue juga`.. :mrgreen:

16 Responses to “Sholat Jumat Makruh bg Cewek???”


  1. 1 aru fian May 15, 2008 at 1:49 pm

    hwakakakaka…
    Gambare lutju….cekakka-cekiki-cekuku

  2. 2 ndop May 16, 2008 at 1:32 pm

    bagus bro tulìsannya. aku jane ya pingin nulis bab agomo terutama fiqih kayak gini.. kapan-kapan ah aku tak nulis..

    iya, mending gausah jum’atan, saru mbak. kecuali nek mbake pake baju kayak aisyah AAC. dan wajahnya ndak boleh cantik. halah bgmn caranya?? hehe..

  3. 3 det May 16, 2008 at 2:03 pm

    sholat jum’at itu kan hanya wajib buat laki-laki.. dan memang bener wanita makruh ikut sholat jum’at..

  4. 4 kindy May 18, 2008 at 12:52 pm

    det Says:
    May 16, 2008 at 2:03 pm e

    sholat jum’at itu kan hanya wajib buat laki-laki.. dan memang bener wanita makruh ikut sholat jum’at..

    answer:
    Loh bukan gitu.., sholat jumat itu hukumnya “SUNNAH” bagi wanita,
    nah d artikel ini aq bilang “makruh” karna casenya adalah “CEWEK”. Bisa dibayangkan kan bedanya?? Semoga mengerti yah.. :)

  5. 5 det May 19, 2008 at 9:35 am

    maaf kin, tolong sebutin ayat atau hadits yang menyebutkan sholat jum’at itu sunnah baji wanita..

    [wes aku ndak mau main istilah cewek atau wanita, ini masalah hukum agama]

    saya sudah ubek2 catatan dan buku2, ndak nemu satupun yang menyebut sunnah

  6. 6 kindy May 19, 2008 at 12:22 pm

    dari Thariq bin Syihab r.a, dari Nabi SAW, bersabda
    “Sholat jumat adalah perintah yang benar-benar diwajibkan bagi setiap muslim untuk melakukannya secara berjamaah,
    kecuali empat kelompok yaitu, hamba sahaya, wanita, anak kecil dan orang sakit.” (HR. Abu Dawud)

    Imam Nawawi menyatakan sanad hadis ini sahih

    mereka yang tidak diwajibkan dalam sholat jumat ini tetap diwajibkan sholat zuhur [kecuali anak kecil yang belum baligh]
    namun bila sudah melaksanakan sholat jumat 2 rokaat maka kewajiban sholat zuhurnya menjadi gugur…
    dan pada zaman nabi, perempuan/muslimah datang pula ke masjid dan turut melaksanakan sholat jumat ini…
    [dikutip dari kitab "Fikih Wanita" oleh Syaikh Kamil Muhammad 'Uwaidah]

    Al Jumuah:9
    Wahai kamu yang percaya, apabila Sembahyang berjama’ah (Salat AL-Jumu’ah) telah diumumkan pada hari Juma’at,
    kamu mestilah bersegera kepada mengingati Allah,
    dan tinggalkan semua perniagaan. Ini adalah lebih baik untuk kamu, hanya jika kamu mengetahuinya.

    Ini juga ada beberapa link yg bisa d baca:

    http://uk.answers.yahoo.com/question/index?qid=20080515235413AAptQ7K

    http://www.ikhwan-interaktif.com/islam/?pilih=news&aksi=lihat&id=2363

    http://materipai.blogspot.com/2008/02/sholat-jumat.html

    http://www.ummigroup.co.id/?pilih=lihat&id=315

    http://www.muhammadiyah-tabligh.or.id/?pilih=majalahku_detail&mod=yes&aksi=lihat&id=37

    http://www.eramuslim.com/ustadz/shl/8328075708-shalat-jumat-bagi-wanita.htm

    http://ikhwan-interaktif.com/islam/index.php?pilih=news&aksi=lihat&id=23

    Sebenarnya masih banyak situs2 yg menerangkan hukum sholat Jumat, tp aq rasa dr link d atas sdh cukup bagi qta utk menarik kesimpulan
    bahwa sholat jumat bagi wanita itu boleh, untuk perempuan yg sudah memenuhi 5 syarat sunnah(sunnah karna sholat d masjid+berjamaah+mempererat ukhuwah Islamiyah), sedangkan utk perempuan yg dpt menarik perhatian
    jamaah pria makruh.

    Berbeda pendapat itu biasa d dlm mengkaji Islam, semua qta kembalikan pd kepercayaan masing2 bgmn qta memahami makna dr yg tersirat dan tersurat,
    ya karna manusia d ciptakan untuk berpikir..
    Jadi jika mas Deteksi teguh pd ideologinya jg boleh2 saja, “Sesungguhnya yg ragu itu dekat setan dan yg pasti hanyalah 4JJ, maka tinggalkanlah yg ragu.”
    So, percayalah pada keimanan qta masing2..^_^

    Wallahu’alam

  7. 7 det May 20, 2008 at 5:04 am

    iya kin, itu tadi hukum sholat jumat..

    tapi kok gak nemu kata SUNAH ya..

  8. 8 kindy May 20, 2008 at 6:04 am

    Hm..
    mungkin ini penjelasan trakir dr penulis, sudah sy sebutkan dlm artikel d atas bahwa itu semua sesuai dgn “Pemahaman Penulis” jd jk pmbaca memiliki pendapat lain jg tdk apa2

    Mnurut penulis:
    1. Det says: sholat jum’at itu kan hanya wajib buat laki-laki.. dan memang bener wanita makruh ikut sholat jum’at..
    Kind answer : Hukum sholat jumat utk wanita tdk semata-mata “Makruh” saja, tp msh ada yg laen yaitu mubah dan sunnah.

    2. Det says: [wes aku ndak mau main istilah cewek atau wanita, ini masalah hukum agama]
    Kind answer : jelas beda, sbg laki2 apakah km tdk mrasa tertarik Jika sedang melihat perempuan muda (cewek RED) yg cantik? Dan apakah km msh merasa tertarik atau kasihan pada wanita tua yg sudah keriput dan lemah sampai berjalan saja hrs dbantu tongkat? Jadi kedatangan perempuan muda atau perempuan tua kah yg dpt membuyarkan konsentrasi sholat seorang pria?

    3. Det says: iya kin itu td hkum sholat Jumat tp kuq g nemu Sunah y
    Kind answer : (tolong dipahami dgn seksama)
    Sunnah karena:
    a. Sholat d masjid
    b. Sholat berjamaah
    c. Mempererat Ukhuwah Islamiyah (dgn bertemu jamaah wanita lainnya)
    Aq rasa 3 syarat d atas smua sdh taulah hukumnya…

    Menurut Prof. Abdul Karim Zaidan adalah bahwa para wanita diperbolehkan dan dianjurkan untuk shalat jumat dengan syarat telah mendapatkan izin suami atau walinya, tidak menimbulkan fitnah, tidak mempergunakan parfum, dan tidak berhias. Kalau mereka bisa memenuhi kelima syarat tersebut, mereka dianjurkan untuk ke masjid karena shalat jumat dikerjakan satu kali dalam seminggu di mana di dalamnya ada khutbah yang sangat berguna bagi mereka selain juga menjadi sarana untuk berkenalan dengan para wanita muslimah lainnya.
    Pendapat Alim Ulama yg bsa diterima oleh akal jg bsa d gunakan sbg panutan, knapa? y karena memang ulama dijadikan sbg pemimpin umat, spt ketika Nabi Muhammad SAW meninggal maka d pilihlah khalifah sbg panutan. Jd y bkn brarti pndpat beliau ini tdk berguna/tdk benar.

    Ada kuq yg blg sunnah, selain jwbn2 dr yahoo answer, bsa d baca di :
    http://materipai.blogspot.com/2008/02/sholat-jumat.html (di 1. Pengertian dan dasar hukum sholat Jumat), jd itu justru malah masuk kurikulum Pendidikan Agama SMP, yg brarti itu sudah d setujui oleh DEPAG (eh DEPAG., DEPDIKNAS apa MUI yah?)

    Yah segitu saja penjelasan terakhir dr penulis,
    Wassalamu’alaikum WR.Wb. ;)

  9. 9 andy July 11, 2008 at 4:25 am

    Busyet dapat gambar dari mana itu,,,,,,,,asik banget

  10. 10 andy July 11, 2008 at 4:25 am

    Busyet dapat gambar dari mana itu,,,,,,,,asik banget

  11. 11 khim October 18, 2008 at 3:36 pm

    setahuku sih memang bagi wanita lebih baik sholat di rumah dari pada di masjid, dapat pahalanya juga sama, enak bener yah

    tapi kalau mau silaturahmi ke kampus keio silakan datang kapan saja

  12. 12 ilham November 27, 2008 at 5:14 am

    salut buat blog kamu
    kamu masih remaja tapi tertarik sekali membahas masalah sholat apalagi dengan forum seperti ini,
    ini adalah salah satu bentuk dakwah di jaman moderan sekarang ini,perempuan2 muslim harus update IT juga, dimana blog adalah salah satu media positif untuk sharing informasi

    keep going girl! and see you around

  13. 13 benichi January 10, 2009 at 5:59 am

    aq rasa senua hukum isla kebanyakan tidak mengikat kecuali yang bersifat subtansial.
    dalam pemahamanku, hukum dalam islam (terutama yang tertuang dalam hadist) melihat beberapa unsur salah satunya kondisi dan waktu.
    aq juga da pertanyaan neh….
    bukannya kalo sholat jamaah itu ada hijab???brarti kalo hijabnya oke ndak masalah khan alasan di atas???truz kalo pun lebih ekstrim lagy, buat aja sholat jum’at dengan jama’ah wanita semua (tapi aq juga lupa apa boleh ya khotib perempuan kayakna boleh deh asalkan jama’ahnya perempuan semua)…..
    untuk wanita yang bersuami, hendaknya mendengar atas apa izin sang suami kecuali hal2 yang bersifat substansial. makanya para calon ibu2 hendakna memilih suami dengan baik :D karena sesungguhnya apa yang dilakukan istri dan anak-anak selama hidup merupakan tanggung jawab suami dan ntar akan di pertanggungjawabkan di hari perhitungan. mangkanya kadang aq bingung….wanita yang menyuarakan emansipasi….mank gak taw apa beratnya menjadi seorang laki-laki memikul tugas tanggung jawab yang berat itu.

  14. 14 Benedict Agung Widyatmoko January 23, 2009 at 8:41 am

    Hahaha … itu alamat tokonya di mana yach ? :)

    Ini saya
    Ben :)

    http://benedikawidyatmoko.wordpress.com

  15. 16 aqsukandut February 10, 2009 at 5:11 pm

    Waktu saya SMA dulu, cewek-ceweknya juga ikutan solat Jum’at.
    Tapi yang ada malah kita-kita para cewek dengerin kotbah sambil bikin PR, belajar buat jam KBM selanjutnya, atau malah ‘bikin khotbah sendiri’..
    Astaghfirullah…

    Btw mbak,blog kita ada yang samaan lho, hihi.. ^^


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




  • Ngintip Doank Gak Kasih Comment??



    He3 emang enak di timpuk..
  • Daftarin jd blog favo kamuh..

    Add to Technorati Favorites

    Blog Stats

    • 44,037 hits
  • Wanna Chat WIth Me:

  • Yang lagi Nongkrong

    web tracker

    Follow

    Get every new post delivered to your Inbox.

    %d bloggers like this: