Posts Tagged 'sholat jumat'

Sholat Jumat Makruh bg Cewek???

“Hah? Kamu nggak salah ngomong Kin? Bukannya malah sunnah? Hukum drmn tuh?”,seniorq keheranan mndengar jawabanq ketika dia ngajakin sholat Jumat ma mereka d Keio University.

Iya..kenapa ya kuq makhruh..

Bukannya dulu kita(sbg cewek nih) waktu SMP n SMA malah d wajibin ikut jumatan, d absen malah. Bukannya sholat berjamaah itu sunnah, apalagi d masjid, pahalanya dobel kan?

Nah loh bingung kan?

Sebagian besar ulama berpendapat bahwa lebih baik bagi kaum wanita untuk tetap tinggal di rumah dengan melaksanakan shalat zuhur. Sebab, Nabi saw. Pernah bersabda, “Rumah-rumah mereka adalah lebih baik bagi mereka.”

Trus atas dasar apa dalil itu bisa di jadika alasan?

Mm.. begini yah.. (mnurut pengertian n pemahaman penulis sih..)


Menurut madzhab Syafii, kalau wanita tersebut memiliki daya tarik, kedatangannya ke masjid adalah makruh, sementara jika tidak memiliki daya tarik tidak makruh. Adapun wanita tua bagi mereka dianjurkan untuk datang ke masjid.

So bisa bayangin kan.., seupama kamu dateng sendirian ato berdua ajah me temen kamu, sementara penghuni masjid saat itu cowok semua, y pastilah kamu jadi pusat perhatian..buyar dah konsentrasi mereka buat sholat jumat.

Tapi kalo yang dateng nenek2 yang jalan aja musti pakek tongkat giginya tinggal dua (burung kakak tua kale..) masak tuh cowok2 bakal curi2 pandang ke tuh nenek2 ?? (kecuali kalo tuh nenek2 k masjid pake rok mini :mrgreen: , eh tp walopun pake rok mini mungkin yg terlintas d pkiran cow2 malah prasaan kasian.., takut kalo masuk angin he3)

Menurut Prof. Abdul Karim Zaidan adalah bahwa para wanita diperbolehkan dan dianjurkan untuk shalat jumat dengan syarat telah mendapatkan izin suami atau walinya, tidak menimbulkan fitnah, tidak memergunakan parfum, dan tidak berhias. Kalau mereka bisa memenuhi kelima syarat tersebut, mereka dianjurkan untuk ke masjid karena shalat jumat dikerjakan satu kali dalam seminggu di mana di dalamnya ada khutbah yang sangat berguna bagi mereka selain juga menjadi sarana untuk berkenalan dengan para wanita muslimah lainnya.

So, walopun dah dapet ijin dr suami/wali, gak perlu lah kita bawa majalah gossip ke masjid, gak perlu parfum cukup minyak gosok (minyak tanah lebih murah tuh..), n gak perlu dandan heboh ala Melly Goeslaw lg konser.

Trus, soal sholat jumat d skul yg d absen tuh gmn??

Yah..balik smua k pemahaman (spt firman 4JJ bahwa sesungguhnya manusia di ciptakan utk brpikir), utk case yg satu ini kita anggap aja belajar. N belajar itu hukumnya wajib!

Tp.. mnurut pngalaman penulis sndr sih.. (jgn d contoh!!)

Sholat jumat d skul tuh byk mudhorotnya drpd maslahatnya, soalnya dulu aq sering make waktu Khotbah Jumat tuh buat ngerjain PR :mrgreen: , lbh parahnya lg suka ngegosip ma tmen2.. “Eh senior yg duduk d pojokan tuh.. kamu kenal nggak? Wiih cakep yah kalo pake peci ma sarung..”,sambil cekikak-cekikik. Walhasil khutbah dr guru agama kita msk telinga kanan keluar idung kiri (luh gak nyambung yah?)

Nah.., jadi ngerti kan dasarnya sholat jumat bagi cew? smoga ajah info ini bsa brmanfaat buat km smua.

Kalo ada salah dr penulis…

Yah suka2 gue dong, blog2 gue juga`.. :mrgreen:

Advertisements

  • Ngintip Doank Gak Kasih Comment??



    He3 emang enak di timpuk..
  • Daftarin jd blog favo kamuh..

    Add to Technorati Favorites

    Blog Status

    • 95,455 hits
  • Wanna Chat WIth Me:

  • Yang lagi Nongkrong

    web tracker
    Advertisements